Sunday, May 12, 2013

Digoda #nulisyuk



Every person is tempted by his own desire (James)

Setiap jalan dan impian yang kita tempuh pasti akan ada godaannya. Digoda untuk lebih baik ataupun jadi buruk. Apapun itu godaannya bikin kita merubah tujuan semulanya kita. Dan godaan itu datang dari diri sendiri loh. Orang lain cuma ngasih pilihan, tapi yang memutuskan untuk mau digoda apa ngga kan kita sendiri. Kecuali orang lainnya itu melakukan pemaksaan, yah itu lain ceritanya.

Godaan bisa datang dalam berbagai macam cara. misal kita sudah janjian untuk pergi ke A, tiba-tiba ada temen yang ngajak ke acara B. pilihan ada ditangan kita kan mau kemana? Bisa aja langsung nolak karena sudah janjian terlebih dahulu dengan teman pertama, atau bisa jadi pilihan kita goyah. Padahal temen yang kedua gak maksa loh...

Kemarin pagi-pagi bener aku juga digoda. Sekitar jam 7an, aku sudah siap-siap mau pergi ama Audrey janjian mau ke Kota Casablanca n Mangga Dua. Tiba-tiba ada whatsapp dari Bintang "apa acaramu pagi ini? Ada workshop penulisan di Gracon, PS. Kamu kan lagi nulis aku mau ajak. Biar lebih tersemangati dan penulisannya terkonsep" Gubrak... Acaranya bentrok dong jamnya.. Padahal pengen banget ikut, karena workshop berikutnya pas aku diluar kota juga. *FYI aku n Audrey lagi nulis buku berdua, dan kita jelas masih pemula banget... ini bakal jadi buku pertama kita, butuh bener namanya diarahkan dan workshop semacam ini.. Nantikan yak buku pertama kita hehehe* Bintang ngajak kita berdua buat ikutan workshop tapi  aku sudah janjian duluan ama Audrey. Kalau janji harus ditepati yak.. Akhirnya aku bilang ke Bintang "tunggu si audrey nyampe yah.. harus ke kocas dulu" dan Bintang pun langsung reply "kayanya kau mulai 'goyah' anakku hahahaah" oohh yesss goyah bener..





Thanks God begitu Audrey nyampe, dan aku cerita soal ajakan dari Bintang, dan dia bilang kita split aja acaranya. Nanti bisa saling share dapat apa aja. Done!!! Aku gak batalin janji kan hehehe malah pakai mobil - si bluey - ke PS.

Judulnya pagi itu adalah digoda #Nulisyuk. I'm so glad, I can make it. Bukan cuma karena bisa ketemuan ama Bintang, Jansen n Yudith dkk tapi disana aku belajar banyak banget dari Primadona Angel @cinnamoncherry, terus ada juga kak Yanti yang jadi editor buku-buku nya kak dona sejak 7 tahun yang lalu, dan si Bintang pun juga sempat menjawab beberapa pertanyaan dari peserta. Bintang mewakili marcom-nya Gramedia Pustaka Utama.

Workshopnya asyik banget, kita bisa berinteraksi langsung ama narasumber. Dibagikan tips-tips untuk para penulis pemula. Apa aja yang harus dipersiapkan supaya tulisannya bisa dipublish. Dari persiapan draft, hardcopy, dll.

Penulis harus tau terlebih dahulu genre apa yang akan ditulisnya. Seorang penulis bisa menulis dalam beberapa macam genre (fiksi-non fiksi, teenlit, metropop atau dewasa) semuanya punya klasifikasinya tersendiri. Jadilah penulis yang punya ciri khasnya sendiri. Ok mungkin pada masih awal masih agak copy cat, niru cara penulis tertentu. Dan kita pun pasti sadar ngga sadar pasti akan dipengaruhi oleh beberapa penulis favorit kita. Tapi intinya adalah temukan ciri khas mu sendiri.

Aku suka banget kalimat ini.. kalau mau jadi penulis, harus sering-sering baca! Tanpa perlu tahu terlalu banyak teori bagaimana cara yang paling benar atau dsb, tapi kalau kita sering baca, kita secara otomatis akan tahu bagaimana cara menulis yang baik. Kita akan tau dan dapat "feel"nya. Dengan membaca pula kita akan semakin memperkaya kosakata dan isi tulisan kita.

Buku bisa setebal apapaun atau sampai berapa jilid, tapi sebuah buku yang bagus adalah buku yang bisa disimpulkan dalam 1 kalimat. Contoh Lord of The Ring, bukunya 3 jilid tapi isinya dalam satu kalimat adalah "perjalanan frodo dengan cincinnya untuk menyelamatkan dunia" alur didalamnya bisa berbagai macam, bisa terjadi apa aja, tapi intinya yah cuma itu.

Masih banyak banget lagi yang dibagikan kak dona. She's so humble and fun! Really nice to meet you kak. Pengen banyak tau tentang #nulisyuk.. Yuk follow twitternya
kak dona @cinnamoncherry . Sekali lagi thank you Bintang sudah menggodaku dengan  #nulisyuk






2 comments:

  1. Uhm. Frodo nggak nyari cincin... dia mau ngebawa cincin ke Mordor (tek dung) hahahaha... makanya bacaaa tuh bukuuuuuuuuuuu hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha ketahuaaan deh.. ama yang penggemanarnya LOTR..
      iyah bukunya satu set masih tersusun rapi dalam boxnya hihihi
      dah direvisi yah.. dangke beb...

      Delete