Monday, September 12, 2011

Tribute To Ps. Jeffrey Michael Pesik (Ko Jeff)

Tanggal 2 September 2011 tengah malam tiba2 saya mendapat twitter yang menanyakan berita kematian Jeffrey Michael Pesik (Ko Jeff), serasa tak percaya saya priksa ke hp dan langsung menayakan kebenaran berita itu lewat Sally M Haryono. Berita yang sangat mengejutkan bagi kami sekeluarga dan tentunya semua orang. Di usia yang masih muda ko Jeff telah menyelesaikan pertandingannya dan membawa dampak yang luar biasa. Sepanjang malam dan keesokan harinya, hampir semua pembicaran membahas tentang ko Jeff. Semua kenangan dan pengalaman bersama ko Jeff. 


Ko Jeff adalah orang yang sangat berdampak besar dalam kehidupan pertumbuhan rohaniku. 15 tahun yang lalu saya di menangkan lewat sebuah kebaktian Remaja. Tapi itu hanyalah permulaan perjalanan saya. Tak lama setelah itu Ko Jeff yang dahulunya adalah sekertaris Om Pdt. Alex Abraham Tanusaputra menjadi Youth Pastor di Bethany Manyar, Surabaya. Dari beberapa pelayanan generasi yang ditanganinya, hati Ko Jeff paling bertaut dengan Kebaktian Remajanya yang diadakan setiap hari Jumat jam 17.00 WIB. Pertamanya kebaktian remaja hanyalah sekitar 50 orang setiap kali ibadahnya tetapi semenjak Ko Jeff terjun langsung pelayanan ini menjadi suatu gerakan Remaja yang dahsyat di era 90'an akhir. setiap hari Jumat gereja penuh dengan hampir 1000 orang remaja! Mengadakan KKR untuk Remaja dengan nama Pesta Remaja dan melahirkan sebuah grup musik rohani Worship Generation (Mira PrajogoTanty Fabiola ,Adri DjienYulia Astutiek, dll).


Kehidupan Ko Jeff menjadi teladan bagi banyak orang. Bagaimana semangat hidupnya yang luar biasa, selalu bergairah, man of faith! Sangat suka menabur. Selalu melihat kebaikan orang sampai ketika beliau di jahatin orang, beliau tetap berpikiran positif. 



Masih sangat jelas di ingatan saya ketika salah satu persiapan Pesta Remaja, Ko Jeff mengadakan doa pengurapan di ruang doa bawah di Bethany Manyar. Ruangan itu begitu sesak dengan jumlah pengerja yang akan diurapi, sehingga untuk bergerak saja sangat susah dan ruangan menjadi panas. tapi hal itu tidak menyurutkan api yang terbakar dan hadirat Tuhan yang dahsyat. 

Ketika itu pelayanan generasi apalagi Remaja sering dipandang sebelah mata terutama dalam hal keuangan. Karena berapa sih uang jajan anak SD, SMP sampai SMA??? hanya beberapa pengurus saja yang sudah berkuliah. Untuk mengadakan suatu acara Pesta Remaja membutuhkan dana yang sangat banyak.Tetapi ko Jeff bisa membangkitkan semangat dan iman para remaja ini dalam hal keuangan dan menjadi dampak yang luar biasa di Musik Rohani Indonesia. Tuhan berikan terobosan yang dahsyat bahkan janji iman anak2 remaja ini bisa "mengalahkan" yang dewasa. Benar-benar menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya. 

Bersama Ko Jeff, saya mendaatkan kesempatan bersama dengan tim RBI (Remaja Bethany Indonesia) mission trip keliling Jawa membawa api yang di kobarkan lewat Pesta Remaja. Ketika itu saya masih SMA , tugas saya adalah tukang camera dan tukan photo! dan ternyata hal itu masih saya lakukan sampai sekarang ^__^ Di lain kesempatan saya memimpin choir Remaja (belum jadi bagian dari singer utama ataupun worship leader). 


Dalam mission trip itu Ko Jeff selalu berkeliling dengan satu kotbah (yang sampai-sampai kita hafal kotbahnya) yaitu "Pada Mulanya Allah" yang diambil dari Kejadian 1. 


Ko Jeff adalah orang yang sangat hobi drive! bahkan kita sebut beliau Pendeta Pembalap karena tukan ngebut. Pernah ketika kita sedang mission trip ke Solo & Jambore di Tawamangu, kita dibuat heboh oleh ko Jeff karena tiba-tiba beliau yang setir busnya! hahaha dan hasilnya kita naek trotoar karena kurang pengalaman haluan bus hahaha untung tidak terjadi apa2 dan kita semua tertawa. 


Di Pesta Remaja yang pertama dimana lagu Yesus Pokok  dan I love You Jesus Deep Down In My Heart direkam dan dipublikasikan oleh Worship Generation, saya diberikan kepercayaan oleh Tanty Fabiola (Ketua RBI & Worship Leader saat itu) untuk memimpin choir anak-anak sekolah minggu! (Sebelumnya saya sama sekali tidak pernah berurusan dengan anak kecil, karena saya biasa jadi anak paling kecil!) Mengarang gerakan / koregrafi untuk choir di dua lagu tersebut. Sungguh sangat senang ketika setelah lebih dari 10 tahun masih mendengar lagu2 tersebut dinyayikan terutama di sekolah minggu, beserta dengan gerakannya! 


Sudah cukup lama saya tidak ke Surabaya bertemu dengan ko Jeff. Bulan Juli Saya hanya pergi dengan Sally M Haryono, Mitchell Daviddan Michaeliel J-s PesikDan hari minggu sebelum ko Jeff berangkat, saya pelayan bersama Maria Lipesik (Ria). Ria menceritakan bahwa mereka sekeluarga bersama Ko Jeff akan pergi ke Jawa Tengah untuk pernikahannya Chai. Ternyata itulah minggu terakhir perjalanan hidup ko Jeff.


Last sunday I do a tribute to ko Jeffrey Michael Pesik . Sings Ku Mau Cinta Yesus Selamanya & I Love You Jesus at KGC Jakarta (Kingdom Generation Community) - my church - its a youth church. Tanpa kepemimpinan dan teladan yang dberikan ko Jeff, tidak mungkin ada saya seperti saat ini. Semangatmu akan pelayanan generasi tidak akan terlupakan. Dan hingga saat ini saya masih meneruskan perjuanganmu di pelayanan generasi.

Its a honor to served God with you! proud of you, my brother, my daddy and my mentor..
thanks ko Jeff!


                                                         I Love You Jesus Deep Down In My Heart - KGC Version




                                                        Ku Mau Cinta Yesus Selamanya  - KGC Version

No comments:

Post a Comment