Sunday, April 8, 2012

The pendulum

Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
Gravitasi itu benda jatuh dari atas ke bawah.

Begitu juga dengan leadership, pengaruh itu datang dari atas ke bawah. Walaupun dari bawah juga bisa memberikan pengaruh. Tapi segala visi, misi, budaya kerja itu berasal dari atas turun ke bawah.

Pernah lihat pendulum ? nah ini dia gambarnya
cortesy of www.biologycorner.com
Sebuah organisasi / perusahaan itu bagaikan pendulum.  Di bagian atas goyangannya tidak terlalu besar, semakin ke bawah semakin besar. Level top management atau ring satu sebuah organisasi itu seperti bagian atas. Goyangannya mungkin tidak terlalu terasa, tapi ketika itu sampai ke bawah akan sangat terasa.

Budaya kerja itu datangnya dari atas.  Kalo pimpinannya rajin, anak buahnya juga rajin. Kalo pimpinannya semangat kerja, tim dibawahnya juga pasti akan semangat. Kalo pimpinannya suka berbagi, pasti anak buahnya juga gak pelit.  

Tapi coba bayangkan kalau di level atas, para leadernya apatis terhadap leader diatasnya atau sesama rekannya, bagimana jadinya anak buahnya?? pasti jadi super apatis. Kalau pemimpinnya aja serakah dan suka ngejegal orang pasti dibawahnya lebih jegal2an. Kalo pimpinannya tukan tipu apalagi anak buahnya. Nah kalo pemimpinnya masih ke kanak-kanakan? seluruh tim dibawahnya pasti amburadul.

Jadilah pemimpin yang bijak karena pengaruhmu itu sangat besar.


No comments:

Post a Comment